Kilas Balik AMIKOM

11 Oktober merupakan tanggal yang bersejarah bagi Amikom.23  Tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 11 Oktober 1994, Amikom secara resmi mulai berdiri. Pada tanggal tersebut, Amikom mendapatkan status terdaftar berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/O/1994.

Amikom didirikan sebagai solusi dari beberapa pengusaha yang menyatakan sulitnya mencari tenaga kerja di bidang teknologi Informasi. Untuk Pertama kalinya Amikom berkantor pusat di Jl. Wolter Monginsidi No.8 Yogyakarta. Pada tahun pertama jumlah mahasiswa yang diterima sejumlah 44 orang pada jurusan manajemen Informatika.


Pada tanggal 16 Oktober 1999, Program Studi jenjang D1 Jurusan Manajemen Informatika disahkan oleh kopertis wilayah V dan pada tanggal 8 maret 2002, Jurusan Manajemen Informatika dinyatakan terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional. Pada tahun 2002 juga terjadi perubahan kelembagaan Amikom dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer "Amikom" menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer "Amikom".

Hingga tahun 1998 Amikom menggunakan dua lokasi kampus. Kampus I di jl. Wolter Monginsidi dan Kampus II terletak di Jl. kaliurang KM 5,6 No 75. Namun seiring dengan bertambahnya mahasiswa, maka pada tahun akademik 1998/1999 Amikom pun menambah gedung baru, yang terletak di Jl. Ring road utara, Condong Catur, yang lebih dikenal dengan nama Kampus Terpadu. Sejak Tahun ajaran 2003-2004 semua kegiatan lembaga dipindahkan ke kampus terpadu seiring dengan selesainya pembangunan Gedung unit II. Amikom pun terus berkembang dengan pesatnya. Pada tahun 2010 ini Amikom telah memiliki 5 buah Gedung milik sendiri yang digunakan untuk administrasi, perkuliahan, dan perpustakaan.

Amikom merupakan Perguruan tinggi yang dikelola secara profesional dan mandiri, oleh karena itu pada tahun 2009, Amikom dijadikan contoh oleh UNESCO sebagai Perguruan Tinggi Swasta Dunia Model Private Entrepreneur. Pada tahun yang sama pula, Amikom juga mendapatkan 2 penghargaan dari Telkom Smart Campus Award(TeSCA) pada kategori Platinum untuk Sekolah Tinggi dan Penghargaan Khusus kategoti Digitalpreneur Incubation. Selain itu, pada ajang Indonesia ICT Award 2009, Amikom juga berhasil menjadi Winner pada kategori Student Project dan merit pada kategori Digital Animation. Diharapkan kedepannya amikom akan terus berkembang dan dapat menjadi perguruan Tinggi Komputer Terbaik di Asia./NVdya

rujukan http://www.amikom.ac.id/index.php/main/berita/kilas-balik-16-tahun-amikom
dg sedikit revisi 

Komentar